Rabu, 11 Juli 2012

2.1.      Analisis Keuntungan dan Kerugian dari Pembangunan Ekowisata
Ada beberapa keuntungan dari pengembangan ekowisata di kawasan Ponpes Purba Baru ini, yakni:
1) meningkatkan pengembangan di bidang ekonomi
2) mengkonservasi warisan alam & budaya
3) meningkatkan kualitas kehidupan dalam masyarakat lokal. 
1)          Meningkatkan Pengembangan di Bidang Ekonomi
Kawasan Ponpes Purba Baru bila dikembangkan untuk ekowisata dapat mendorong berkembangnya ekonomi lokal. Karena dengan dijadikannya daerah tersebut sebagai objek ekowisata, maka secara otomatis akan menerapkan peraturan tentang adanya sebuah sistem penetapan biaya masuk yang bertingkat, sehingga wisatawan asing membayar lebih besar daripada masyarakat lokal dan wisatawan domestik, harus adanya produk dan jasa untuk wisatawan sehingga wisatawan dapat menghabiskan uangnya untuk belanja di lokasi tersebut, harus adanya tempat penginapan/homestay, harus adanya pemandu atau jasa-jasa bidang lainnya, harus adanya penjualan makanan dan minuman lokal. Dilihat dari hal-hal tersebut, maka jelaslah bahwa pengembangan ekowisata ini akan memperbaiki perekonomian masyarakat setempat. 
2)          Mengkonservasi Warisan Alam & Budaya
Adanya kegiatan ekowisata di daerah Ponpes Mustafawiyah Purba Baru ini dapat menjadi salah satu faktor kunci dalam mendukung konservasi warisan alam & budaya. Kegiatan ini dapat menghasilkan pendapatan-pendapatan yang dapat digunakan secara langsung untuk membantu memenuhi atau mengimbangi biaya-biaya konservasi, mempertahankan tradisi budaya dan menyediakan pendidikan. Ekowisata yang dikelola dengan baik dan diapresiasikan dengan antusias oleh wisatawan yang masa kini notabene mencari pengalaman berinteraksi dengan lingkungan masyarakat dan budayanya dapat mendorong dalam mengkonservasi atau memulihkan warisan budaya sebuah daerah atau komunitas. Melalui sharing benefit yang menguntungkan masing-masing pihak (antara pengelola & swasta-masyarakat lokal-wisatawan), memicu masyarakat lokal untuk mempertahankan tradisi budaya seperti makanan khas yang disuguhkan dalam rumah makan “Paranginan” di atas. Ketika tradisi-tradisi dan nilai-nilai lokal dipertahankan maka masyarakat semakin didorong untuk memiliki rasa kebanggaan yang lebih besar dalam komunitas/ daerah mereka.
3)           Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat Lokal
Menggambarkan bahwa di daerah Purba baru yang mendapat pemasukan dari wisatawan, tidak hanya menciptakan pekerjaan & meningkatkan pendapatan tetapi juga dapat digunakan untuk mendukung memenuhi kebutuhan masyarakat lokal yang digunakan untuk memperbaiki fasilitas komunikasi dan jalan-jalan, pendidika, pelatihan, dan pelayanan kesehatan.
Pengelolaan ekowisata pada kawasan Pondok Pesantren Purba Baru dapat dilihat sebagai cara untuk membantu masyarakat untuk mempertahankan, atau memerbaiki standar kehidupan dan kualitas kehidupan mereka.
Selain adanya keuntungan dari pengembangan ekowisata, adapula  kerugian yang ditimbulkan yaitu berupa ancaman. Ancaman ini terjadi apabila ekowisata ini tidak dikelola dengan baik. Misalnya masyarakat setempat tidak diikutkan berpartisipasi dalam pengembangan ekowisata ini. Hal ini akan menimbulkan kekecewaan masyarakat. Sehingga upaya untuk pelestarian nilai-nilai budaya dari daerah itu akan sulit dilakukan tanpa adanya dukungan dari masyarakat.
Untuk itu perlu dilakukan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan pengembangan ekowisata ini agar ancaman-ancaman yang dikhawatirkan dapat dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates